Beberapa Acara TV yang Meniru Acara Luar Negeri

Seharusnya sebuah acara televisi tidak hanya menyajikan sebuah urutan acara yang  menghibur saja tapi juga mendidik, akan tetapi saat ini banyak acara TV yang tayang hanya mengejar rating yang tinggi dan seolah-olah tidak mempedulikan kualitasnya. Yang lebih parah lagi supaya mendapatkan perhatian penonton yang tinggi ada sebuah acara tampil dengan durasi panjang sampai tercatat enam jam.

Tidak itu saja demi mendapatkan reting yang tinggi sering kita mendapatkan acara-acara yang baru dan hampir sama atau meniru denga acara luar negeri. Beriku dapat kita lihat acara-acara televisi yang mirip dengan acara TV luar negeri:
a.       Janji Suci Raffi & Gigi
     
Kali ini acara Janji Suci Raffi & Gigiyang dianggap mirip dengan Keeping Up With Kardhasians, dalam acara Janji Suci Raffi dan Gigi menampilkan bagaimna kondisi kehidupan keseharian mereka sebagai pasangan suami istri, dari  bangun tidu sampai tudur kembali disajikan dalam reality show ini. Ini sebenarnya tidak penting kenapa menampikan hal ini. Sedangkan Keeping Up With Kardhasians memang memperlihatkan hubunga yang harmonis antara kakak beradik.
b.      Ranking 1
Acara kuis yang dipandu oleh Sarah Sechan dan Ruben Onsu ini menampilkan 100 peserta yang berlomba untuk menjawab seluruh jawaban yang disediakan. Mereka menuliskan jawabannya di sebuah papan putih yang kemudian di angkat tinggi-tinggi. Setiap peserta yang salah menjawab, akan langsung keluar permainan hingga menyisakan satu peserta di arena. Nah, ternyata konsep reality show ini cukup mirip dengan acara Golden Bell Chalanges yang ditayangkan KBS pada 2003 lalu
c.       Super Papa Indonesia
Acara ini memberikan gambaran bagaimana seorang ayah mengurusi atau menjalankan pekerjaan yang ada dirumah, dari mengurusi anak sampai masak dan beres-beres rumah. Ini meniru acara The Return of Superman yang mendapat sambutan meriah di Korea maupun negara lainnya, acara Super Papa hanya bertahan seumur jagung. Ini memperlihatkan bagaimana acara tersebut hanya sekedar ingin cepat menaikkan reting saja.
d.      Mission X
Dengan adanya reality show ini para penonton yang paham astinya akan bertanyat terkait dengan kemiripan acara Mission X  dengan salah satu acara di Korea, Running Man. Banyak aspek kemiripan yang ditampilkan oleh dua acara ini. Mulai dari para agen yang terdiri dari artis terkenal, beberapa misi yang dijalankan, dan pengambilkan gambar yang menggunakan satu kamera untuk masing-masing agen. Pastinya para pecinta acara televise Korea langsung melihat itu anah dan menimbulkan banyak pertanyaan yang akan kita terima, karena memang banyak kemiripan.
Mungkin masih ada lagi acara televisi yang melakukan plagiat, akan tetapi tidak semua dapat menaikkan reting acara tersebu secara otomatis. Sekali lagi perlu adanya cara bagaimana sebuah reality show tidak mengandalkan durasi yang panjang tapi kualitasnya rendah, selain itu perlu adanya kompetisi baik itu menyankut kreativitas, keaslian serta durasi show di jalan tidak terlalu panjang, supaya publik atau mana yang kerkualitas dan yag tidak

Comments