6 Fakta Unik Pada Film Laskar Pelangi

Kesuksesan sebuah film memang secara gampang dapat kita lihat seberapa banyak film tersebut tayang dibioskop-bioskop dan disukai oleh banyak penonton, begitu pula di dunia perfilman tanah air terdapat beberapa film yang cukup  sukses. Selain ceritanya yang unik dan menghibur juga tokoh-tokoh yang mendukung film tersebut menjadi factor tersendiri untuk dapat mendongkrak reting film tersebut di masyarakat. Dapat dicontohkan beberapa film yang  cukup sukses antara lain Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! part 1, Dilan 1990, Habibie & Ainun, Pengabdi Setan, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2, Ayat-Ayat Cinta dan yang tidak kalah suksenya adalah film Laskar Pelangi.

Film Laskar Pelangi sendiri menjadi film yang cukup terkenal dan menjadi awal kebangkitan dari film nasional, Film yang digarap sutradara Riri Riza yang dirilis pada 26 September 2008 ini merupakan karya adaptasi dari buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata.Film yang bercerita tentang kisah kehidupan anak-anak dari keluarga miskin yang dengan segala keterbatasan, namun hal itu justru melecut semangat mereka untuk sukses. Film ini hingga maret 2009 telah ditonton 4.6 juta orang.
Dibalik kesuksesan film ini ternyata terdapat fakta-fakta unik yang memberikan gambaran serta cerita yang menarik sehingga terkait satu sama lain di film Laskar Pelangi. Kali ini kita mencoba akan meberikan informasi mengenai fakta unik film Laskar Pelangi, diantaranya adalah :

1.       Pawang Buaya Terlibat Proses Pembuatan Film
     Dalam salah satu adegan film Laskar Pelangi terdapat binatang buaya yang menjadi penghalang tokoh lintang dalam berjalan ke sekolah. Buaya ini ternyata harus membutuhkan pawang untuk dapat memindahkan sesuai dengan adegan yang diinginkan.
2.       Kesuksesan film ini Menaikkan Pamor Belitong Menjadi Kota Wisata
Pulau Belitung merupakan pulau kecil di pantai timur pulau Sumatra. Mengikuti kesuksesan film Laskar Pelangi yang dikenal di seantero Indonesia bahkan di luar Negeri. Setting film Laskar Pelangi yang mengekspos keindahan alam pulau Belitung juga menjadikannya terkenal. Bahkan pulau ini juga dikenal dengan sebutan Negeri Laskar Pelangi.

3.       Film Laskar Pelangi ini mendapatkan beberapa penghargaan
Selain mendapatkan penonton yang banyak film ini juga mendapatan beberapa penghargaan atas cerita yag unik dan alami, penghargaan yang diterima film Laskar Pelangi antara lain: Pemenang di Indonesian Movie Awards, Indonesia sebanyak 4 kali, Unggulan di Asian Film Awards, Hong Kong, Penghargaan: AFA Trophy.
4.       Film ini juga dilirik oleh Brad Pitt
Tahun 2012, lagu sempat beredar kabar jika Production House milik Brad Pitt tertarik dengan film Laskar Pelangi. Kabar mengenai hal ini sempat mencuat di media-media online nasional, hal ini sontak membuat bangga dan sangat senang para kru pembuat film dan Andrea Hirata sebagai penulis cerita

5.       Suksesnya film ini melambungkan novelnya hingga ke manca Negara
Dengan  adanya perhatian dari pengemar film luar negeri, kemudian mengadakan tur ke-7 negara untuk menyapa para penontonnya. Dan untuk lebih mendukung film ini supaya dapat dinikmati dalam bentuk buku sang sutradara Andrea Hirata selaku penulis mengumumkan bahwa novel Laskar Pelangi juga akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Dengan judul The Rainbow Troops.
6.       Pernah dibuat menjadi sinetron
Setelah film ini beberapa bulan tampil atau diputar di bioskop, kemudian dibuat versi sintron Pada akhir tahun 2011 lalu, SCTV bersama Mizan Production bekerja sama memproduksi Laskar Pelangi The Series, yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto. Menurut Direktur Program dan Produksi SCTV. Salah satu tujuannya adalah supaya masyarakat tetap dapat melihat cerita dan makna yang ingin di kirim ke publik bahwa ada perjuangan yang berat untuk dapat meraih cita-cita.
Beberapa fakta di atas memberikan gambaran bahwa film   bertemakan pendidikan dan perjuangan anak bangsa ternyata dapat menjadi film yang sukses baik di dalam negeri maupun juga dinikmati oleh orang luar negeri.

Comments