Pernikahan Pangeran Harry-Meghan

Pada pekan ini masyarakat dunia sedang menanti berita terkait prosesi pernikahan dari pangeran kerajaan Inggris Pangeran Harry merupakan cucu laki-laki Ratu Elizabeth II dari pasangan Prince Wales dan Lady Diana, Princess of Wales. Pangeran Harry  menikah dengan bintang Hollywood, Meghan Markle. Ini menjadi menarik karena calon dari pangeran Harry bukan berasal dari keluarga kerajaan tetapi seorang selebritis yang kita tahu bagaimana gaya hidup serta pergaulannya pastinya berbeda dengan aturan-aturan yang ada dikerajaan.

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada hari Sabtu, 19 Mei 2018, acara pernikahan tersebut disiarkan langsung oleh  TV BBC menyiarkan langsung acara pernikahan itu dan Anda juga bisa mendengarkan lewat BBC World Service Radio. Selain itu masyarakat juga dapat mengikuti perkembangan setelah acara pernikahan lewat Halaman Facebook, Twitter, dan Instagram BBC News Indonesia.
Prosesi upacara pernikahan pada sebuah kerajaan pastinya mempunyai  tata upacara tersendiri, seperti yang terlihat kemarin dilakuka kirab: pawai kereta di sekitar Kastil Windsor, salah satu tempat kediaman resmi Ratu Elizabeth. Dengan iring-iringan berakhir di St George's Hall, aula pertemuan di kastil, dengan sekitar 600 tamu undangan untuk makan siang yang diselenggarakan oleh eyang puteri, Ratu Elizabeth II. Melihat begitu banyaknya dan ketatnya aturan kerajaan yang ada, bahkan jika mau dilihat semua kehidupan keluarga kerajaan diatur dengan jelas sesuai adat atau aturan yang sudah ada sejak dahulu di Kerajaan Inggris pastinya akan memberikan kehidupan yang baru bagi Meghan Markle yang kita tahu latar belakangnya adalah seorang selebritis. Pertanyaan yang pastinya muncul bagi semua orang adalah, apakah Meghan Markle akan menjadi seorang putri?

Sebagai istri Pangeran Harry, maka Meghan Markle akan mendapat nama resmi Her Royal Highness Princess Henry of Wales, sebagai istri dari Prince Henry of Wales, nama resmi Pangeran Harry. Kita ketahui sebutan ‘Putri’ diberikan kepada mereka yang lahir dalam keluarga kerajaan. Namun kemungkinan besar Ratu akan memberikan pasangan ini gelar Dukedom, sama seperti untuk abangnya, yaitu Duke of Cambridge dengan istri Duchess of Cambridge.
Begitu mereka mendapatkan Dukedom, maka Meghan pun akan menjadi seorang duchess. Dulu, banyak orang yang menyebut isteri pertama Pangeran Charles sebagai Putri Diana walau secara resmi dia tidak bisa bergelar Putri melainkan Putri Wales, Princess of Wales. Setelah bercerai dari Pangeran Charles namanya berubah sedikit menjadi Diana, Princess of Wales.
Ini menjadi gambaran pada kita semua ternyata sebuah aturan atau adat istiadat sebuah kerajaan sangatlah ketat bahkan terkesan tertutup, hal ini karena keluarga kerajaan sangat menjaga keturunan dan keluarganya untuk dapat selalu mempunyai silsilah yang baik.

Comments