2 Sinetron Ini Mewakili Jaman Sekarang Dan Jaman Dulu

Sebuah stasiun televise pastinya mempunyai program unggulan pada setiap tahunnya, terutama jika untuk mendukung bulan-bulan tertentu yang menjadi perhatian masyarakat. Seperti halnya bulan ramadhan yang merupakan bulan suci bagi umat muslim, untuk itu stasiun televisi pastinya membuat program yang menarik dan mendidik sesuai dengan momen yang ada saat itu. Ada beberapa program televise yang dibuat dengan isi yang baik, bermuatan nilai keagamaan maupun memberikan pendidikan pada masyarakat yang menyaksikannya, tetapi ada juga program televisi yang disiapkan menjelang bulan ramadhan tidak memberikan pembelajaran yang baik dan terkesan hanya untuk mencari reting yang tinggi.

Dan pada setiap tahun pastinya berbeda-beda dari kualitas serta model acaranya, sinetron jaman dulu dengan sekarang mempunyai beberapa perbedaan, mari kita lihat sinetron-sinetron yang tayang pada saat bulan ramadhan:
 Sinetron Para Pencari Tuhan
Sinetron ini sangat luar biasa terlihat dari jalan ceritanya yang didasarkan pada ajaran islam, hal ini memang cocok jika ditayangkan di bulan ramadhan. Jika dilihat dari ide ceritanya pun brilian, dimana terdapat tiga orang narapidana yaitu Barong-Juki-Chelsea (tiga Trio Bajaj yakni Aden, Isa dan Melky) yang keluar dari penjara dan nggak diterima di komunitasnya lalu terdampar di mushola bang Jack (Deddy Mizwar). Dari situlah perjalanan ketiga anak manusia ini bergulir. Mencari pembenaran akan Islami, ketemu sama banyak orang, dan selalu ngajarin ilmu baru buat para penontonnya. Bahkan PPT bisa bertahan dengan kisahnya yang makin berkembang serius dan tetep sederhana dalam penuturannya.
Semua cerita dalam sinetron ini terhubung dengancerita agama yang dapat memberikan gambaran pada kita semua sisi lain kehidupan yang ditampilkan di sinetron ini, jauh dari kata cerita yang menampilkan  kemewah, percintaan, pertengkaran, dan pergaulan bebas remaja. Tetapi didalamnya termuat aturan, ajaran, serta norma-norma masyarakat yang diakui kebenarannya oleh kita semua dan menjadakan karakter yang kuat untuk sinetron Para Pencari Tuhan. Jika dirilis kemabali sinetron ini pastinya banyak yang suka dan tetap baik retingnya.
Sinetron Di Sebelah Ada Surga
Di Sebelah Ada Surga menceritakan tentang 3 anak muda yang diperankan oleh Andika Pratama dan kawan-kawan. Mereka memerankan karakter dengan nama sendiri: Andika, Gading, dan Uus. Diceritakan kehidupan rohani mereka masih kurang. Masa muda mereka selama ini dilewati dengan santai, maunya foya-foya tanpa beban pikiran menggapai masa depan. Mereka asyik mengejar kesenangan duniawi khas anak muda jaman now. Persaingan dan perselisihan terjadi saat mereka diharuskan menjaga toko milik orang tua masing-masing, yang letaknya bersebelahan. Sampai pada akhirnya sebuah keadaan menjadikan mereka bersatu untuk melawan ketidakadilan, bersatu mengejar surga-Nya yang selama ini terlupakan.
Dilihat dari ceritanya memang cukup menarik, karena ada kesadaran dari mereka tentang kesalahan yang mereka perbuat. Tetapi yang jika dilihat dari para aktor yang bermain di sinetron ini rata-rata merupakan artis terkenal dan masyarakat sudah paham dengan karakter mereka didunia hiburan. Sehingga kesan baru dan unik dari alur ceritanya kurang terlihat dari sinetron ini. Selain itu tema komedi yang diusung disinetron ini sangat kelihatan di banting dengan sinetron Para Pencari Kerja. Mungkin mamsih banyak lagi beberapa yang dapat membedakan sinetron ramadhan saat ini dengan sinetron ramadhan jaman dulu.

Comments