Penggunaan Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang  dipakai untuk mrngolah data secara otomatis yang meliputi penghitungan dasar, penbuatan grafik, pemakaian fungsi, dan formula, serta manajemen data. Program aplikasi ini merupakan program yang di khususkan untuk pengelolaan lembar kerja elektronik atau biasa dikenal dengan nama spreadsheet program. Spreadsheet itu sendiri memiliki arti suatu tabel yang nilai-nilainya disusun dalam bentuk baris dan kolom.

Pada spreadsheet masing-masing nilai menempati suatu sel dimana anda bisa mendefinisikan tipe data pada sel tersebut dan hubungannya dengan sel-sel yang lain. Masing-masing nilai pada sel memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilai yang lainnya. Jika salah satu nilai pada sel di ubah, nilai yang lain juga ikut berubah.
Contoh penggunaan Microsoft Excel adalah sebagai berikut:
1. Bidang akuntansi, contoh untuk menghitung jumlah laba atau rugi suatu perusahaan, untuk mencari besarnya keuntungan perusahaan selama satu tahun, untuk menghitung gaji karyawann, dan lain-lain
2. Kalkulasi matematis, misalnya digunakan untuk mencari data hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, serta berbagai macam variasinya
3. Pengelolaan data, nilai maksimal, dan nilai minimal dari sebuah data
4. Pembuatan grafik, misalnya untuk membuat grafik nilai, grafik kelulusan siswa, grafik penjualan barang, garfik perkembangan jumlah penduduk, dan lain-lainnya.

Menu-menu pada program Excel yatitu:
- home
- insert
- page layout
- formulas
- data
- review
- view

Comments